NILAI

Nilai menunjukkan alasan dasar bahwa “cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara pribadi atau sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan”. Nilai memiliki sifat isi dan intensitas. Sifat isi menyampaikan bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir dari kehidupan adalah penting. Sifat intensitas menjelaskan betapa pentingnya hal tersebut.

System nilai merupakan sebuah hierarki yang didasarkan pada penggolongan nilai-nilai seorang individu menurut intensitas mereka. System ini diidentifikasikan oleh kepentingan relative yang kita tentukan untuk nilai seperti kebebasan, kesenangan, harga diri, kejujuran, kepatuhan, dan persamaan.

Jenis-jenis nilai terdiri dari nilai terminal dan nilai instrumental. Nilai terminal adalah keadaan akhir kehidupan yang diinginkan. Tujuan-tujuan yang ingin dicapai seseorang selama masa hidupnya. Sedangkan nilai instrumental adalah perilaku atau cara-cara yang lebih disukai untuk mencapai nilai-nilai terminal seseorang.

Kerangka Hofstede menyebutkan lima dimensi untuk menilai kultur yaitu, jarak kekuasaan, individualism versus kolektivisme, maskulinitas versus femininitas, penghindaran ketidakpastian, orientasi jangka panjang versus orientasi jangka pendek. Dimulai dari pengertian jarak kekuasaan, yaitu sifat kultur nasional yang mendeskripsikan tingkatan di mana suatu masyarakat menerima kekuatan dalam institusi dan organisasi didistribusi secara tidak sama. Kemudian individualisme merupakan sifat kultur nasional yang mendeskripsikan tingkatan di mana orang lebih suka bertindak sebagai individu daripada sebagai anggota suatu kelompok, sedangkan kolektivisme merupakan sifat kultur nasional yang mendeskripsikan kerangka sosial yang kuat dimana individu mengharap orang lain dalam kelompok mereka untuk menjaga dan melindungi mereka. Maskulinitas adalah sifat kultur nasional yang mendeskripsikan tingkat sampai mana kultur tersebut menyukai peran pencapaian, kekuatan, dan pengendalian dari pekerjaan maskulin tradisional. Nilai-nilai sosial digolongkan menurut ketegasan materialisme. Lawan dari maskulinitas adalah femininitas yaitu sifat kultur nasional yang mempunyai sedikit perbedaan antara peran pria dan wanita, di mana wanita diperlakukan sama seperti pria dalam semua aspek masyarakat. Penghindaran ketidakpastian adalah sifat kultur nasional yang mendeskripsikan tingkat sampai mana suatu masyarakat merasa terancam oleh situasi-situasi yang tidak pasti dan ambigu serta berusaha untuk menghindarinya. Orientasi jangka panjang adalah sifat kultur nasional yang menekankan masa depan, penghematan dan ketekunan sedangkan orientasi jangka pendek adalah sifat kultur nasional yang menekankan masa lalu dan masa kini, menghormati tradisi, dan memenuhi kewajiban-kewajiban sosial.

Kerangka GLOBE (Global Leadership and Organization Behavior Effectiveness) adalah sebuah penyelidikan lintas kultural mengenai kepemimpinan dan kultur nasional yang terus menerus dilakukan, dimulai pada tahun 1993. Tim GLOBE mengidentifikasikan Sembilan dimensi dalam kultur nasional yang saling berbeda.

  1. Ketegasan
  2. Orientasi masa depan
  3. Perbedaan gender
  4. Penghindaran ketidakpastian
  5. Jarak kekuasaan
  6. Individualisme/kolektivisme
  7. Kolektivisme dalam kelompok
  8. Orientasi kinerja
  9. Orientasi kemanusiaan

Impikasi terhadap PO. Dua puluh tahun lalu, adalah wajar untuk mengatakan bahwa PO memiliki bias Amerika yang kuat. Sebagian konsep dikembangkan oleh orang Amerika menggunakan subjek oran-orang Amerika dalam konteks domestik. Namun zaman telah berganti. Meskipun mayoritas penemuan yang diterbitkan masih berfokus pada orang-orang amerika, penelitian yang dilakukan selama beberapa waktu terakhir telah memperluas bidang PO secara signifikan untuk mencakup subjek-subjek Eropa, Amerika Selatan, Afrika dan Asia. Selain itu, terdapat peningkatan yang nyata dalam penelitian lintas kultural oleh tim peneliti dari Negara yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s