MOTIVASI DARI KONSEP MENUJU APLIKASI

Dalam bab ini, kita berfokus pada penerapan konsep motivasi. Kita menghubungkan terori motivasi dengan praktik seperti keterlibatan karyawan dan bayaran berdasarkan keterampilan.

Model karakteristik pekerjaan dikembangkan oleh J. Richard Hackman dan Greg Oldham

  1. Keanekaragaman keterampilan : Tingkat sampai mana pekerjaan membutuhkan beragam aktivitas yang berbeda
  2. Indentitas tugas : Tingkat sampai mana suatu pekerjaan membutuhkan penyelesaian seluruh pekerjaan yang bisa diidentifikasikan.
  3. Arti tugas : Tingkat sampai mana suatu pekerjaan mempunyai pengaruh yang subtansial terhadap kehidupan atau pekerjaan orang lain.
  4. Otonomi : Tingkat sampai mana suatu pekerjaan memberikan kebebasan dan keleluasan yang substansial untuk seorang individu dalam merencanakan pekerjaan dan menentukan prosedur-prosedur yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.
  5. Umpan balik : Tingkat sampai mana pelaksanaan aktivitas-aktivitas kerja yang diwajibkan oleh suatu pekerjaan membuat seorang indiidu mendapatkan informasi yang jelas dan langsung mengenai keefektifan kinerjanya.

Beberapacara dimana model karakteristik pekerjaanbisa dipraktikkan untuk menjadikan pekerjaan lebih memotivasi :

  • Rotasi pekerjaan : Pengantian periodik seorang karyawan dari satu tugas ke tugas yang lain
  • Perluasan pekerjaan : Peningkatan jumlah dan variasi tugas dari seorang individu melalui pekerjaannya yang berbeda-beda.
  • Pengayaan pekerjaan : Perluasan vertikal dari pekerjaan yang meningkatkan pengendalian pekerja terhadap rencana, pelaksanaan, dan evaluasi kerja.

 

Susunan Pekerjaan Alternatif

 

Di luar perencanaan ulang sifat kerja dan keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan, pendekatan lain untuk membuat lingkungan kerja menjadi semakin memotivasi adalah perubahan susunan kerja. Berikut tiga susunan kerja alternatif :

  1. Jam kerja yang fleksibel :  Karyawan diberi kebebasan dalam mengatur jam-jam kerja mereka sendiri dalam bekerja tetapi dalam batas-batas tertentu .
  2. Pembagian pekerjaan :  Susunan yang memungkinkan dua individu atau lebih untuk membagi suatu pekerjaan 40 jam per minggu tradisonal.
  3. Telecommuting : Menunjuk pada karyawan yang melakukan pekerjaan mereka di rumah, setidaknya dua hari dalam stu minggu terhubung dengan kantor melalui komputer.

 

 

Keterlibatan Karyawan

 

Keterlibatan karyawan : sebuah proses partisipatif yang menggunakan masukan karyawan-karyawan dan dimaksudkan untuk meningkatkan komitmen karyawan untuk keberhasilan organisasi

Tiga bentuk utama dari keterlibatan karyawan :

  1. Manajemen partisipatif : Proses dimana para bawahan berbagi suatu tingkat kekuatan pembuatan keputusan yang signifikan dengan atasan-atasan langsung mereka.
  2. Partisipasi Representatif : Para pekerja berpartisipasi dalam pembuatan keputusan organisasional melalui sebuah kelompok kecil yang terdiri atas karyawan-karyawan representatif.
  3. Lingkaran kualitas : Kelompok kerja yang terdiri atas karyawan-karyawan yang bertemu secara teratur untuk mendiskusikan berbagai masalah kualitas kerja, menyelidiki penyebabnya, merekomendasikan solusi, dan mengambil tindakan perbaikan.

 

Memberikan Penghargaan kepada karyawan

 

  • Berapakan bayaran karyawan : Membentuk struktur Bayaran
  • Cara pembayaran : Memberikan penghargaan kepada karyawan individual melalui program variabel pembayaran misalnya bayaran berdasarkan tarif per bagian, bayaran berdasarkan prestasi, Bonus, Rencana pembagian laba, Pembagian pendapatan, Rencana kepemilikan saham karyawan.
  • Cara pembayaran : Memberikan penghargaan kepada karyawan individual melalui rencana bayaran berdasarkan keterampilan.
  • Menghubungkan rencana bayaran berdasarkan keterampilan dengan teori motivasi
  • Bayaran berdasarkan keterampilan dalam praktiknya
  • Tunjangan yang fleksibel : mengembangkan paket tunjangan
  • Penghargaan intrinsik : program pengakuan karyawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s